Minggu, 07 Februari 2010

Perlukah Pelatihan Internet bagi para Senior ?

Kemarin , aku nonton TV yang membahas mengenai pendidikan anak Usia Dini dan pemberdayaan manula. Inti topiknya lebih ke arah pemberdayaan para senior kita yang sudah lanjut usia. Hostnya seingatku bunda Neno Warisman. Salah satu topik yang dibahas antara lain : Manusia usia lanjut itu memiliki masalah yang kurang lebih sama dengan anak-anak. Misalnya moodnya mirip, gaya kekanak-kanakannya juga mirip, perilakunya juga mirip, dsb. Lha malangnya di negeri ini pendidikan formal mengenai bagaimana mendidik anak Usia Dini saja kurang , apalagi topik yang terakhir bagaimana memberdayakan manula, boleh dibilang nyaris tidak ada pembahasannya sama sekali di universitas. Kabarnya gitu menurut TV lho.

Lha menonton itu aku jadi ingat bahwa beberapa tahun yang lalu, aku pada waktu itu atas nama sebuah Yayasan pernah mencoba menjalin kerja sama dengan sebuah ISP untuk memberikan pelatihan internet bagi para senior kita yang lanjut usia. Saya mengajukan semacam penjelasan lisan dan proposal , intinya bahasa langsungnya : Kami mau mengadakan pelatihan internet gratis bagi manula, komputernya kita yang menyediakan , lha kalo kalian yang menyumbang bandwith internetnya gimana ?

Bagi kalian yang membaca ini mungkin nyengir terharu campur bingung : Wahduh  , masak minta internet gratisan ke ISP sih ???
Ya situasinya sebenarnya waktu itu masih dibilang rada bagus. ISP yang saya maksud , Indonet salatiga cukup terkenal rajin beramal. :) Selain beliaunya  sering menyumbang internet gratis ke beberapa sekolahan di Salatiga, bahkan bos ISP tersebut, pak Roy Budhianto juga  mau-mau saja menjadi pengajar dalam satu bidang studi ( matematika kalo nggak salah ) di beberapa sekolahan di Salatiga. Tercatat setidaknya ada beberapa sekolah yang saya tahu misalnya : SMP Alternatif Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga, terus juga ada sekolah di Nglelo yang mendapat bantuan dari Indonet berupa internet gratis 24 jam.

Lha pada waktu itu saya juga diterima dengan baik oleh Pak Roy. Tetapi dari hasil diskusi beberapa lama kemudian, tampaknya ada satu kendala yang kami pikirkan. Berdasarkan pengalaman kami, mengajar orang tua para senior kita untuk belajar komputer itu aduhai sulit. Saya sudah mengatakan : Tetapi eman-eman Pak, mereka itu kan punya kebijaksanaan dan pengalaman , kalo mereka bisa internet kan bagus bisa berbagi pengalaman lebih luas. Saya lupa omongan persisnya pokoknya intinya itu. Lha Pak Roy rupanya lebih senang lebih fokus kepada pendidikan generasi muda. Intinya dia merasa bahwa generasi muda terutama anak-anak kecil itu usia hidupnya lebih lama, lebih bisa mewarnai dunia, dan tentu juga lebih mudah diajari plus dididik termasuk tentu saja gampang banget diajari mainan komputer dan internet. Cerita ini sudah lama lewat , ini kisah beberapa tahun yang lalu. Saya sekarang juga tidak pernah lagi Salatiga .

Sekarang ini setelah menonton TV dan ingat pengalaman masa lalu, saya membatin : Anak-anak dan manula memang punya kemiripan besar, tetapi juga tidak persis sama. Orang tua , para senior kita punya kebijaksanaan , punya pengalaman yang layak diwariskan - lha mereka rada terkendala cara. Sementara anak-anak kecil memang tidak punya pengalaman tetapi mereka punya semangat siap mati yang tinggi. :)  Masalah data kehapus juga urusan gurunya itu. masalah komputer rusak juga urusan gurunya.

Pokoknya setiap hal dianggap permainan sehingga mengajar anak kecil komputer itu jauh lebih mudah, biarpun juga lebih deg degan. Amat sangat mudah dibandingkan dengan mengajar orang tua yang bahkan memegang mouse pun perlu latihan cukup lama. Lha yang saya pikirkan itu : Aslinya pelatihan internet untuk para manula itu perlu apa nggak sih ?

Saya membaca banyak brosur kursus : Ada pelatihan komputer for kids , tapi yang untuk orang tua memang kayaknya nggak ada. Apakah memang tidak dianggap perlu. Atau karena kursus menganggap bahwa itu lebih repot plus segmennya lebih kecil. Kalo misalnya ada kursus komputer yang mengajarkan komputer plus internet untuk manula, menurut teman-teman laku apa nggak ??? Ide internet untuk pemula entah itu gratis atau berbayar menurut kalian relevan atau nggak ?

Ada masukan , sumbang saran, ide, pendapat ?

=======================================================================

Eh Iya :

Saya barusan dikasih PR sama Fanny . Duh ngasih kok ya PR, ngasih getuk atau lemper masih mendingan. Akan saya jawab deh apa yang mau tak jawab. Kalo yang nggak tak tulis itu artinya aku lagi males menjawab. Dalam bahasa artis itu Off the record.

HP dimana  ? Bisa dimana saja.  Bisa kadang di lemari, di meja, di saku, bahkan bisa dikolong juga.
Favorit ? Apa iya ? Bingung juga aku. Komputerku saja deh.
Pekerjaan ? Formalnya pengangguran. Non formalnya : lontang lantung.
Rambut ? Item

Mimpi ? Mimpi apa ya kemarin. Perasaan kemarin aku tidur dalam damai nggak mikirin apa-apa. Atau aku lupa mungkin.
Mobil Impian ?  Saya tidak pernah mengimpikan punya apa, tetapi saya lagi mikir saya tuh mesti jadi apa dulu supaya punya apa.

Sepatu ? Kalo nggak terpaksa nggak pakai sepatu. Sandal yang nggak sandal jepit saja itu sudah maksimal.
Mobil ? Adanya juga mobil perusahaan buat nganterin kiriman.
Takut ? Paling bingung liat cewek nangis. Mau tak apaken nggak tahu. Bisa-bisa aku garuk-garuk kepala doang.
Ingin jadi apa 10 tahun ke depan ? Pengin ngajari internet sama masyarakat yang selama ini rada jauh sama internet. kalo bisa sih gratis. Ini pikiran saat ini lho iya. Mudah-mudahan nggak berubah pikiran.

What are you not good at? kalo saya bilang merayu cewek. Entah kenapa Fanny selalu nggak percaya. Gw serius nih. Ngegombal itu aslinya bukan bakatku. Kecuali kepepet. :)

One of your wish list item? Benerin plus upgrade atau ganti sekalian sebagian komputerku  yang mulai menyebalkan kalo lagi dipakai.

Komputer ? Banyak sih, kalo sama yang rusak lebih banyak lagi.
Binatang Peliharaan ? Nggak ada kalo sekarang.
My life ? Yah sama seperti lagu lah : Kadang di atas kadang terhempas. Dalam bahasa Jawa : Cakra Manggilingan.

What are you thinking right now? Kalo ini pertanyaan paling mudah : Yang lagi tak pikir ya yang tak tulis itu Lebih afdol mana sih  ngajarin anak kecil sama ngajari internet para senior kita. Bingung juga aku...

Hallo... Halllo.. ada yang mau nyumbang saran ?
Nyumbang donat juga boleh lho ...

SALAM Semuanya... 


4 komentar:








Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

mengatakan...

perlu gan biar gak bodoh2 bgt





envyslim

mengatakan...

menurut kita juga perlu gan, supaya lebih menammbah wawasan..





kaos couple

mengatakan...

sangat perlu dan harus dilakukan..





poker

mengatakan...

poker online terpercaya
poker online
Agen Domino
Agen Poker
Kumpulan Poker
bandar poker
Judi Poker
Judi online terpercaya
bandar qiu




Poskan Komentar

Terimakasih telah Berkunjung ....Ditunggu Komentarnya Lho....Silahken Silahken.... ^_^