Jumat, 26 Februari 2010

Mengatasi Folder Access yang rusak - Proteksi dengan Redirect Folder

Saya pernah memposting cara mendapatkan isi password folder access di sini , tapi topik ini bukan masalah lupa password folder access lho :

Dulu lebih dari setahun yang lalu, saya juga pernah menerima sebuah pertanyaan baik di blog maupun di forum

 Seorang rekan bertanya. Intinya : dia tidak lupa password, tetapi program folder accessnya rusak : Komputer kena virus, di format lalu diinstall ulang, malangnya datanya tidak bisa lagi dibuka.

Seorang teman dengan Id Macool bertanya demikian : 

Saudaraku,
Saya mohon bantuan untuk pencerahan mengenai permasalahan seputar program.Data partisi komputer saya terbagi 4,yaitu:C,D,E dan F.Dimana,sistem file Windowsnya terletak pada partisi pertama atau C.Permasalahan mulai timbul sesudah menginstall program Folder Access 2.0 pada sistem.Melalui bantuan fitur program tersebut,saya memproteksi folder yang berisi data2 penting di partisi D,E&F dengan memasukkan settingan password didalam GUI Folder Access 2.0
utk membaca data atau mengakses folder pada partisi.Apabila folder diakses langsung secara ilegal tanpa melalui GUI program tersebut,maka akan ditampilkan
menu Control Panel yang notabene mengalihkan akses tersebut.Beberapa hari kemudian,harddisk saya mengalami bad sector pada partisi C sehingga sistem file Windows tidak bisa diakses. 
Akibatnya,loading Windows menjadi failed.Akhirnya,saya memutuskan untuk re-format partisi C dan menginstall sistem operasi Windows baru.Alhasil,folder yang terproteksi oleh eks program Folder Access 2.0 data2nya tidak bisa diakses permanen seperti yang terjadi pada akses ilegal.
Analisa saya,mungkin program ini merubah settingan registry folder yang diproteksinya.Tapi,saya masih bingung juga memperbaiki pada registry dikarenakan pengetahuan yang kurang mumpuni.
Melalui forum ini,saya mohon bimbingannya untuk menyelesaikan masalah ini.Berhubung,data yang masih terproteksi sekitar 40GB.
Mungkin,ada beberapa netter yang pernah mengalami permasalahan seperti yang saya alami&berhasil mengatasinya.Kiranya,pengetahuan tersebut dapat dibagi kepada saya.
Terimakasih sebelumnya. 

Saya mencoba menjawab,  sedikit salah tangkep juga,  tapi intinya dia bilang dia bukannya lupa password sehingga nggak ada gunanya menjebol passwordnya. Saya sempat menyarankan install ulang program sebagai sebuah saran sangat standard, kalo program rusak ya biasanya solusinya install ulang kan ? 
Tapi ternyata gagal. Saya kemudian menyarankan memakai aneka software data recovery. Saya nggak tahu berhasil apa nggak, tetapi kemungkinan besar berhasil :) Jika program tidak melakukan enkripsi file biasanya data recovery berhasil memuaskan.

Lha pertanyaan itu memang sudah lama lewat, artinya kalo dibahas sekarang mungkin nggak ada gunanya bagi yang bersangkutan. Tetapi harapan saya Mudah-Mudahan masih ada gunanya bagi rekan2 yang lain. Karena memang ada juga yang bertanya mirip, misalnya Mas Hendry di blog ini pernah bertanya seperti ini :

ass cak
cak pertanyaan q hampir sama dengan yang lain,aku dah pake folder access 2.0 dan sudah mengunci 20GB data di drive D, nah setelah ada eror di drive C nya, maka aku instal ulang, dan setelah aku instal program folder accessnya data lama tidak bisa dibuka lagi, trus jika diklik kanan tidak ada tulisan unlocknya, mohon petunjuknya cak, coz urgent nich! trus kalo boleh aku mau download folder access punya cak, dimana ya cak! terima kasih sebelumnya cak!@

Saya baru nyadar kalo kemarin-kemarin melakukan hal2 yang rada konyol : Menyarankan install ulang folder access itu memang nggak ada gunanya . Hi Hi Hi. Duuuh...
Dalam kasus folder access rusak atau dihapus paksa, misalnya karena diformat atau ditendang Deep Freeze. masalahnya juga bukan karena isi passwordnya di file mklf.dll hilang, karena password itu ternyata untuk folder access nggak penting-penting banget. :)  Jadi saran saya setahun yang lalu itu saya rasa rada membantu , tetapi juga banyak hal yang tidak efisien :) Rada membantunya karena saya berharap data  tersebut masih bisa diselamatkan dengan data recovery. Semoga sih.
Tidak membantunya : Karena ada cara yang jauh lebih mudah.

Proteksi yang dilakukan oleh folder access salah satu bagiannya hanyalah sekedar proteksi  sangat standard dengan redirect folder ke folder system. 

Gambaran mudahnya anda ingin membuka folder A, eh malah folder B yang terbuka. Dengan merename folder dengan barisan bilangan CLSID tertentu, maka folder akan diarahkan ke tempat lain. 

Inilah biang keroknya. Folder Access merename A menjadi A.bla bla bla bla ( deretan CLSID) 
Begitu password dimasukkan benar, maka A.bla bla bla bla direname balik menjadi A sehingga folder bisa dibuka. Jika password dimasukkan salah ya folder tidak direname balik.

Lha karena folder access rusak atau terformat maka folder access nggak tahu apa yang mesti direname balik. , kadang unlocknya kan malah ilang:)

Solusinya gampang banget aslinya : Anda rename saja folder yang terproteksi,  hapus saja barisan angka jelek :)  di belakang nama folder tersebut. Anda buka windows explorer lalu anda klik kanan pada folder lalu anda rename namanya sehingga barisan bilangan CLSIDnya nggak ada. Cuma anda rename satu karakter juga proteksinya langsung ilang. Hi Hi Hi
Atau bisa juga  pake script bat, pokoknya intinya cuma rename deh.

Hanya dengan merename itu maka folder yang setengah mati tidak bisa diakses bisa dibuka lagi  . Geblek kan saya setahun yang lalu , makanya kalo mikir itu harus selalu mulai dari yang paling gampang. :) 

Ingat2lah lovepassword : Selalu berpikir dari yang paling sederhana. Hi Hi Hi 

SALAM

Bagi yang berminat merename folder dengan tambahan CLSID secara manual, anda bisa memakai list ini untuk percobaan : http://www.autohotkey.com/docs/misc/CLSID-List.htm.
rename saja nama folder, tambahi titik di belakang nama folder lalu tambahi CLSIDnya

SALAM


16 komentar:








sewa mobil

mengatakan...

info bagus kawan





Unknown

mengatakan...

mampir bawa kwetiau seafood





In-Free Download MP3

mengatakan...

keren,, mantap banget,, salam kenal dari newbie





Unknown

mengatakan...

bawain dim sum 2 bakul dan yogurt selusin





place for buy and sell link

mengatakan...

thnx gan infona





Blogpost at Blogspot

mengatakan...

makasih nih... dicoba dulu...





toko online

mengatakan...

thanks buat tipsnya





Under The Purple Sky

mengatakan...

hebat nih tricknya, benar-benar mantap gan...





Anonim

mengatakan...

Halo kawan lama tak mendengar kabarmu, gimana sehat2 saja toh





vincent

mengatakan...

makasih infonya,,
like this lah :)





lovepassword

mengatakan...

Sehat Om Naga Tidur.. Makasih





lovepassword

mengatakan...

@vincent : Terimakasih kembali... :)





download gratis

mengatakan...

tulisan anda benar2 bermanfaat buat saya...
makasih ya !
R3zpecet 4 U





Pasang Iklan Gratis Sebagai Awal Mulai Bisnis Online

mengatakan...

terlebih dahulu saya minta salam dengan keluarga mas,kan ini udah lebaran dan untuk folder akses saya kira semua orang juga bisa mengatasinya.





sewa mobil

mengatakan...

thanks atas infonya yah gan..





iklan baris

mengatakan...

ditunggu postingan bermanfaat berikutnya kawan.




Posting Komentar

Terimakasih telah Berkunjung ....Ditunggu Komentarnya Lho....Silahken Silahken.... ^_^