Sabtu, 29 Mei 2010

Empat Tahun Prestasi Lumpur Lapindo



Sore ini ada tayangan mengenai 4(empat) tahun Lumpur  Lapindo di Metro TV ... Tayangan itu aduhai cukup berhasil membuat perutku mules...Kalo itu memang yang dikehendaki pembuatnya maka acara itu bisa dibilang berhasil. Menurutku sih ... TV jaman sekarang memang tidak bebas kepentingan karena TV, media massa, pers dsb , termasuk dewan,  sedikit banyak terkait dengan kekuasaan karena itulah sampai ada ide dari Pak Sawali : blog, facebook dan sejenisnya akan menjadi pilar kelima dalam demokrasi . Saya rada maklum mengapa yang menayangkan berita Lapindo sedemikian intensif adalah Metro TV bukan misalnya saja TV One... 

Tetapi terlepas dari sisi kepentingan masing-masing bos di dalam TV tersebut, tetap saja dalam tayangan itu ada bagian-bagian menarik yang patut dijadikan pelajaran. Ada banyak hal ternyata yang menarik dari kejadian lumpur lapindo dan tetek bengeknya...


Pertama : Saya malah baru tahu kalo dalam peristiwa itu diarahkan supaya tidak terjadi proses ganti rugi tetapi justru dipakai istilah jual beli... Jadi rakyat menjual dan Lapindo membeli... Keduanya sama-sama ikhlas.. :(     Jadi bukannya karena merugikan maka Lapindo harus memberi  ganti rugi ... Bukan gicu konsepnya...

Halah Mas, istilah apa pentingnya?  toh substansinya sama.  Lapindo membayar dan rakyat terima uangnya... 
Lha justru tepat disitulah masalahnya...Akibat konsep manis dengan nama "jual dan beli " itu Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo dengan manis gurih asem  mengelak ketika janji manis Lapindo tidak terpenuhi... 

Alasannya apa ? Itu bukan lagi urusan BPLS  , karena yang terjadi adalah proses jual beli sehingga kalo misalnya cicilan Lapindo molor2 itu masuknya perdata dan sudah nggak ada hubungannya lagi sama tugas BPLS karena nggak ada Pepress yang mengatur itu... Itu urusan penjual dan pembelli. Kami paling membantu mengingatkan. Mohon itu ditanyakan ke Lapindo sendiri.

jawaban hebat bukan ???

BPLS ada saat mediasi dan suasana diarahkan supaya rakyat yang takut kalo tidak dibayar setuju saja dengan istilah "Jual Beli" , bagi rakyat istilah apa pentingnya yang penting mereka dapet uang ganti rugi ...

lha setelah "Jual Beli" itu tidak terpenuhi juga karena nyatanya cicilan dibayar molor-molor bahkan ada yang nggak dibayar, BPLS merasa itu bukan tanggung jawabnya karena alasan yang ada sekarang adalah  "jual beli" itu... 

Hebat sekali kan permainan keren manusia-manusia di atas sana...  :(



Kedua : Dari analisa pakar dan juga perasaan umum , jelas-jelas Lapindo yang menyebabkan peristiwa itu terjadi, tetapi pemerintah Yudhoyono dengan manisnya telah  memakai APBN 4,3  T gara-gara kasus Lapindo itu... Dalihnya Bencana Nasional... Hebatnya lagi pengadilan juga mengatakan Lapindo tidak bersalah... Keren betul kan ?

Ketiga : Analisa pakar juga mengatakan bahwa semburan lumpur masih bisa diatasi tetapi pada kenyataannya dibiarkan begitu saja , malah muncul wacana jualan genteng segala ketimbang mikir menyumbat lumpur yang jelas telah dan akan merugikan ribuan orang di Sidoarjo dan Jawa Timur. 
Kandungan lumpur mengandung logam berat yang jelas merusak lingkungan, belum lagi aneka polusi, plus penggusuran paksa baik, rumah, pabrik, dsb... Semakin lumpur itu banyak mengalir , maka kondisi terhadap lingkungan dan masyarakat juga makin parah. 

Keempat : Pada saat ini mulai muncul analisa bahwa sangat mungkin bahwa uang2 ganti rugi yang pernah diberikan Lapindo akan dimintakan ganti dari negara, dengan alasan Lapindo tidak terbukti bersalah. Lha karena tidak bersalah mestinya pemerintah yang bayar bukan Lapindo... Apalagi Penghambat terbesar Menteri Keuangan Sri Mulyani yang selama ini keras , sudah sukses dilengserkan dari jabatan Menteri Keuangan... Namanya analisa tentu bisa benar bisa salah, hanya saja kalo Ical memang pengin jadi presiden 2014 toh saat ini dia sudah kaya, mendingan dia tidak melakukan itu deh...

Kelima : Pemerintah baik pusat dan daerah tampaknya juga sangat ramah kepada perusahaan dan orang-orang pentingnya . Lapindo meskipun sangat keras gaungnya terkait dengan penyebab bencana multi accident ...berhasil dengan sukses mendapat penghargaan zero accident dari pemerintah Jawa Timur ..

Kalo di pusat lain lagi ceritanya , saat ini sepeninggal Sri Mulyani, secara cukup mencolok entah mengapa kok malah dibuat sedemikian mencolok - rakyat bisa melihat bahwa hubungan SBY dan Ical lagi mesra-mesranya. Begitu Sri Mulyani mundur sesaat kemudian ada sekretariat gabungan. Apakah itu memang kebetulan atau psywar atau malah pernyataan kemenangan terang-terangan ??? Malah sempat terdengar omongan bahwa ketua harian sekretariat gabungan bisa memanggil menteri. Sesuatu yang dasyat kan....

Dari semua sisi ini rasanya sungguh berat bagi rakyat Sidoarjo untuk mendapatkan haknya ... Karena mereka benar-benar berhadapan dengan benteng-benteng kekuasaan yang kuat baik politik, ekonomi, bahkan hukum... 


Apakah kita masih layak berharap pada SBY untuk membantu mengatasi peristiwa ini .?  Jika Iya lalu apa yang sebenarnya kita harapkan dari  seorang SBY ? Jika Tidak, lalu siapa lagi yang bisa mengatasi peristiwa ini, jika presiden saja tidak mau atau tidak mampu berbuat lebih banyak... 

Semoga seluruh korban Lapindo baik yang mengalami kerugian ekonomi, fisik, mental, sakit penyakit  diberikan ketabahan.


Semoga peristiwa ini menjadi pelajaran yang berharga bagi kita semua... 

SALAM






SALAM


100 komentar:








Sang Cerpenis bercerita

mengatakan...

waduh, konsep apa-an tuh? masa pake konsep jual beli? alamaak...aku juga baru tahu setelah baca tulisanmu nih. heran...kok, tega2nya menyamakan ganti rugi dg jual beli? kalo jual beli, apakah ada aktenya? ada sertifikatnya gitu ? Padahal, mungkin sertifikatnya sendiri udah lenyap ditelan lumpur.





Sang Cerpenis bercerita

mengatakan...

jangan berharap pada SBY atau siapapun. sebab manusia hanya bisa mengecewakan. Berharap saja pada Sang Khalik. Tapi, yakinlah keadilan akan diberikan kepada yg lemah. Saatnya saja belum tiba.

Btw, tumben rajin posting. Udah tobat beneran rupanya.





achen

mengatakan...

mengamini doa dengan membaca Al-Fatikhah





BlogCamp

mengatakan...

Selamat pagi sahabatku
Saya datang lagi untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

Saya juga menyampaikan kabar gembira bahwa sahabat mendapatkan tali asih dari manajamen BlogCamp. Silahkan cek http://abdulcholik.com/2010/05/30/tali-asih-dari-emak/
Terima kasih.
Salam hangat dari BlogCamp





marsudiyanto

mengatakan...

Ikut prihatin atas tragedi Lapindo Jaya...





Anonim

mengatakan...

Wah Cak Lovepassword perhatian banget nih.
Salah satu persoalan rumitnya adalah warga asli Sidoarjo biasanya kaum santri yg memiliki tradisi dagang yang ulet, misalnya tanggulangin adalah sentra kaji2 tas. Nah jadi Mas, masalahnya tidak hanya ganti rugi tanah, tapi juga posisi2 sosail ekonomi tadi, karena bagaiamanapun Sidoarjo adalah salah satu contoh masyarakat yang tidak terpaku mati menjadi pegawai negeri tapi memiliki keuletan yg tangguh secara tradisi. daerah Sedati misalnya adalah basis Udang, Bandeng dst.. Sepande adalah sentra tempe, dll. nah ke depannnya posisi Sidoarjo akan terancam dalam waktu 20 taun, nah iki sing repot!
Ahmed Shahi Kusuma





jabon/jabon

mengatakan...

semoga bencana lapindo cepat berakhir...





alumni darul amanah

mengatakan...

bencana lapindo, sebenernya siapa yang paling bertanggung jawab dari bencana ini. memang semua adalah kehendakNYA, tapi tanpa asbab semuanya tak kan terjadi begitu saja





sawali tuhusetya

mengatakan...

meski ndak sempat melihat kawasan yang tenggelam lumpur lapindo, saya pernah melintasinya, mas love. sungguh menyedihkan. tayangan media tv pun rupanya sudah terkotak-kotak menurut kepentingan masing2. maklumlah, mas love, tv sdh menjadi bagian dari sebuah jaringan industri yang dikendalikan oleh orang2 berduwit.





Rubiyanto

mengatakan...

Alam mungkin mulai bosan melihat tingkah kita, yang selalu mengeksplorasi sesuatu dengan cara berlebihan ....





aura pelupa

mengatakan...

Bersatulah mengangkat masalah ini hingga tuntas!





nuansa pena

mengatakan...

Bila media sudah tidak bisa jujur, mari kita bersuara rakyat di blog!





aziz orang merdeka

mengatakan...

lapindo tuh suruh tanggungjawab.,.

:D





muavyna

mengatakan...

haduwh...indonesiaku trercinta....
jangan mudah menyerah ya teman ,,untuk menyuarakan kebenaran yang membela kaum lemah yang tertindas...

salam..





amar

mengatakan...

Semoga bencana ini bisa cepat berakhir..





Peluang Bisnis Online

mengatakan...

Semakin di bahas, semakin keliatan permainannya. Cape gak akan menang. Cuma bisa berdoa aja. Berharaplah kepada Tuhan...





Fanny and Fanda

mengatakan...

Belum lagi kalo kita melihat sendiri derita mereka2 yang terkait langsung dengan bencana itu. Misalnya orang2 kecil yang dengan susah payah mengkredit rumah di perumahan Lapindo Brantas. Baru saja cicilan lunas, baru saja mereka begitu bahagia karena pertama kalinya mereka bisa memiliki rumah sendiri, tiba2 kebahagiaan itu kandas begitu saja karena nafsu serakah pengusaha yang tidak bermoral. (itu kisah nyata teman kantorku, dan dia sekarang terpaksa numpang di rumah mertuanya, berdesak2an di rumah kecil dgn ipar, keponakan dll dll).





Mifta Nurdin

mengatakan...

pemecah rekor dunia terbaru





nuances pen

mengatakan...

Yang seharusnya bertanggung jawab masih kuat di kursinya! Bumi Pertiwi compang camping dibuatnya bukan lapindo saja tapi juga kawasan batubara dan lain-lainnya! Ibarat baju, baju itu sudah compang camping!





ا شين

mengatakan...

selamat malam ajah... :-)





Heri Fauzan Suheri

mengatakan...

Semoga di berikan ketabahan yang tangguh buat warga porong sidoarjo. N semoga di berikan jalan kluar atas kesulitan hidup oleh Allah swt...

Salam kenal....





nietha

mengatakan...

semoga para penguasa mendapatkan kemurahan hati.. bang lopis baik banget.. kalo aku doanya, semoga para penguasa diberi musibah dalam hidupnya





stroberi

mengatakan...

@nietha : waduh....masa doanya gitu? Duh, biar gimana mereka juga manusia. Mestinya doanya begini : Semoga Tuhan mengetuk hati para penguasa...

@lovepassword : mampir aja..kirain udah di update...ternyata belum, ya pulang lagi deh sambil ninggalin jejak sepatu yg berlumpur....Lho??





adib from kompinter

mengatakan...

Prestasi yang menyedihkan





tips beli rumah

mengatakan...

apanya yang prestasi...bingung gua....yang punya perusahaan ngambur"ngamburin uang cuma buat pesta ulang tahun...bencana gara" perusahan dia didiamin aja....





fan

mengatakan...

mampir bentar. lagi nunggu pesawat ke Cairo...ada inet gratis yah dimanfaatkan deh. hi hi hi...





Elong Bujang

mengatakan...

Kasihan masyarakat yang miskin yang tak bersalah mesti menanggung akibat lumpur Lapindo ini begitu lama...





PuSen Culler

mengatakan...

Apapun alasannya ini sudah menyangkut kehidupan seseorang, kasihan kan, padahal untuk mendapatkan rumah mereka menabung sedikit demi sedikit.





lovepassword

mengatakan...

Memang membayangkannya saja sangat kasihan. Bagi mayoritas rakyat bisa membela rumah walaupun dicicil itu adalah perjuangan luar biasa. Dan itu semua lenyap dalam sekejap...

Cak Ahmed Shahi Kusuma mengatakan bahwa andaikata dipindah pun ada banyak sisi sosial yang hilang terkait dengan penghidupan, pola pekerjaan tertentu dsb... Ini memang benar..

Tetapi lebih apes lagi jika malah tidak mendapatkan pengganti atau mendapatkan pengganti tetapi tidak sama bobotnya dengan kehilangan mereka...

SAlam Semuanya





Anonim

mengatakan...

tulisan ini aq lempar ke tautan fb aq ya kak, mohon ijin ;-)


darisahabat.wordpress.com





lovepassword

mengatakan...

Silahkan saja ...semua tulisan di blog ini boleh dicopy atau di link kok... Salam





rental mobil

mengatakan...

apapun konsepnya semoga pemerintah dapat menyelesaikan musibah ini, karena lama kelamaan pasti berdampak buruk buat semuanya dan semoga pemerintah juga dapat menyelesaikan apa yang sudah jadi hak dari warga sekitar yang kena lumpur lapindo ini, terima kasih





Abu Hz - Belajar Bisnis

mengatakan...

Begitulah jika negeri yg berkuasa adl orang2 yg serakah, lupa akan siksa neraka jahannam....
Hak2 orang kecil, sisi ekonomi, hukum, dan sosial budaya dikebiri bahkan dirampas....
Semoga para pemimpin kita dpt kembali ke jalan yang 'benar'....





Anonim

mengatakan...

@Lovepassword
Koq lama tidak muncul lagi ya, bertapa?
ya menurutku, yg paling terkena dampak adalah berubahnya kultur masyarakat Sidoarjo yg merupakan basis etos klasik masyarakat santri akan perdagangan.
Ahmed Shahi Kusuma





lovepassword

mengatakan...

@Cak Ahmed Shahi Kusuma : Lagi bertapa dibawah pohon singkong :D

Yah kultur memang pasti kena. Tetapi jangankan mikirin kultur , ya kebutuhan paling dasar : Sandang Pangan Papan saja juga berantakan semua....

Hidup memang bukan soal makan dan rumah saja tetapi bahkan untuk hal2 yang mendasar itu saja jadinya memprihatinkan bagi mereka korban Lapindo itu... Pusing aku lama2...kalo ngebayangin kayak gicu...





Blogger Indonesia dukung internet aman, sehat & manfaat

mengatakan...

menyedihkan sekali





dwi

mengatakan...

wah lama2 tenggelem juga tuh jatim
ckckckck





Radio Streaming

mengatakan...

bertobatlah...





rumah murah

mengatakan...

istighfar





yudi

mengatakan...

mudah2an kita bisa mengambil hikmah dari bencana yang diturunkan Allah kepada kita...





Seiri Hanako

mengatakan...

duh masalh ini koq nggak ada habis2nya sih??
pemerintah ke mana ya?koq sibuk ngurus video mesum aja?





4shared mp3 download

mengatakan...

pemerintah sekarang lebih asik ngurusin partainya sendiri





Sang Cerpenis bercerita

mengatakan...

mampir balikin karpet merahnya. sekalian minta tolong cucikan baju kotor. hehehe..itu oleh2nya. ups...gak ding..oleh2nya nyusul di blog pelancong.





software45

mengatakan...

ikut prihatin..ini adalah tragedi bangsa..seharusnya manusia harus mulai sadar..untuk selalu menghormati alam..klo alam mulai murka beginilah contohnya...





softwarebali

mengatakan...

ikut bersedih Mas...bagaimanapun juga kita harus menerima cobaan dari Tuhan...ini adalah kebesaran Tuhan...kita harus mengambil hikmahnya





Kata-kata Mutiara Cinta

mengatakan...

Saya ikut prihatin atas keadaan ini





KOje

mengatakan...

gak kerasa banget yaa udah empat tahun aja..
hehehe.. http://ekos06.student.ipb.ac.id





KOje

mengatakan...

gak kerasa banget yaa udah empat tahun aja..
hehehe.. http://ekos06.student.ipb.ac.id





Sang Cerpenis bercerita

mengatakan...

updateee...





Jabon

mengatakan...

hiii ngeri ya... yang terkena musibah semoga di kuatkan dan di tabahkan hatinya ....





healthy live

mengatakan...

amin.....
lapindo memecahkan rekor ni





fanny

mengatakan...

mampir aja. melihat apakah ada perkembangan? jiaah...belum update juga.ck..ck.ck....pulang dg kecewa deh..





Download Ebook Gratis

mengatakan...

thanks bro for this information :)





Brian

mengatakan...

semoga orang yang tidak bertanggung jawab mendapat kan////





cantika

mengatakan...

semoga di beri ketabahan bagi mereka yang terdlholimi





Neng Ayu

mengatakan...

Baru sempat mampir nih!
Liat-liat dulu....
Situsnya bagus nih!
apalagi artikelnya, menarik banget!
Saya seperti disuguhi makan enak!
hehehehehhehehe

Oia Kunjungan balik ya sob, ini blog saya
http://obat-sakitgigi.blogspot.com
Salam kenal....





Belajar Ilmu Komputer

mengatakan...

Baru sempat mampir nih!
Liat-liat dulu....
Situsnya bagus nih!
apalagi artikelnya, menarik banget!
Saya seperti disuguhi makan enak!
hehehehehhehehe

Oia Kunjungan balik ya sob, ini blog saya
http://ilmu-komputer23.blogspot.com/
Salam kenal....





Bunglon Blog Indonesia

mengatakan...

inilah tragedi yang akan meninggalkan kenangan duka yang tak pernah sirna, sungguh pemandangan yang memprihatinkan





attayaya

mengatakan...

kapan bencana ini akan berakhir
semoga masyarakatnya diberikan kekuatan oleh Sang Maha Besar





حَنِيفًا

mengatakan...

@Mas Lovepassword
Wah... kepedulian pemerintah dan instansi terkait, semakin tenggelam seperti tenggelamnya sidoarjo oleh lumpur lapindo.





r10

mengatakan...

Belajar tuh dari kasus tumpahan minyak di teluk meksiko oleh BP....... pemerintah indonesia payah, dikerjai grup bakrie mau saja





Anggun

mengatakan...

semoga tabah...





Johan

mengatakan...

sabar dan sabar





Blog Templates

mengatakan...

sampai kapan lumpur lapindo akan selesai??

penduduk di sekitar pusat meluapny lumpur lapindo psti sdng merasakn khawatr yg sangt, harta benda merka terancam hilng..

sob, mengingt blog ni sngt bermanfaat bgt q.. tukeran link yok!!

link blog kamu sudah terpasang di blogku, link balik yach :) silahkan di liat di blogku!!

ntar pasang link ku dengan anchor text "Blog Templates" yach,

dan jdi follower q juga y, siapa thu aja dgn kehadiran blogger se-hebat kamu, blog ku bisa
sedikit rame dan berwibawa gtu.he3

ntar secara berkala q bakal sering-2 silaturahmi kesini..

d tunggu kehdirannya yach :D

salam dari blogger indonesia setengah bule.he3

makasih..





sewa mobil

mengatakan...

Semoga dapat cepat diselesaikan melalui solusi yang menguntungkan semua pihak.





Asam urat

mengatakan...

empat tahun sudah sidoarjo tetapi belum juga mendapat kan surut jng bersedih jng berduka mohon padanya dng berdoa"
ser kaya lagu dangdut

yaris dipandang sebeklah mata

adad saja gan artikel nya hebat lah





om canel

mengatakan...

jangan lupa mampir ke om canel ya???





NgePas

mengatakan...

meski ga sempat melihat ke sidoarjo..tp saya sangat merasakan kekecewaan mereka dengan janji2 yang tak terwujud, sampai kapan!!

nice info sob, kl berkenan kunjung balik ya..

salam kenal





Bisnis Kaos Anak

mengatakan...

memprihatinkan sekali kondisi ini.Balik balik rakyat kecil juga yg jadi korbannya.Sedih banget ya...apalagi sy termasuk sering melintas di jaln porong dan pemandangan ini sangat memiriskan hati





Video Bokep 3gp

mengatakan...

Negeri ini sudah seperti kisah dalam negeri dongeng. Rakyat hanya bisa mengelus dada, dan para penguasa selalu bisa mengelus tangannya (terima suap)





GEO Softlens

mengatakan...

wah iya nih. lumpur lapindo masalahnya belum selesai juga sampai sekarang. mengerikan negara ini. mudah-mudahan jadi lebih baik.





madicine

mengatakan...

ini prestasi yang sangat tidak membanggakan malah menyengsarakan...





haniifa

mengatakan...

Kira-kira para korban lumpur bisa lebaran nggak yah ?!





aldrix.info

mengatakan...

marilah kita berdoa.. dan berinstropeksi diri..





Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

mengatakan...

wah kerjaannya siapa tuh ya





Belly Surya Candra Orsa

mengatakan...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... : )





sari kurma

mengatakan...

Mmhhh... benar-benar dunia sebentar lagi mau kiamat, maka bersegeralah untuk menuju Rabbmu, dengan cara taubat dengan taubatan nasuha...





konsultan pajak

mengatakan...

seakan tidak ada penyelesaiannya ya masalah ini..





dubai apartments

mengatakan...

Thanks for sharing an awesome post





rugs for sale

mengatakan...

Thanks for the info. This is exactly what I was looking for. I am currently researching this topic so I will be back. Can you tell me how to subscribe to your blog?





cursos ingles extranjero

mengatakan...

Nice post thanks for sharing it would like to have an regular visit





dubai property

mengatakan...

Awesome post thanks for sharing it





International Dating

mengatakan...

Thanks for the info. This is exactly what I was looking for. I am currently researching this topic





All About Heart Disease

mengatakan...

Mmhhh... benar-benar dunia sebentar lagi mau kiamat, maka bersegeralah





Credit Card Debt

mengatakan...

lumpur lapindo masalahnya belum selesai juga sampai sekarang. mengerikan





Weight Loss

mengatakan...

memprihatinkan sekali kondisi ini.Balik balik rakyat kecil juga yg jadi korbannya.Sedih banget





Dallas Cowboys

mengatakan...

penduduk di sekitar pusat meluapny lumpur lapindo psti sdng merasakn khawatr yg sangt, harta benda merka terancam hilng.





Baseball Cards

mengatakan...

Wah Cak Lovepassword perhatian banget nih.
Salah satu persoalan rumitnya adalah warga





Club Level Seats

mengatakan...

Baru sempat mampir nih!
Liat-liat dulu





Rizky Junia Adam

mengatakan...

miris sebenarnya kalau melihat seperti ini dan apa yang MEREKA lakukan, hai, see and feel what have you do to all of them.

sewa mobil





website development company

mengatakan...

Ikut prihatin atas tragedi Lapindo Jaya...





indovision

mengatakan...

kasian bgd sampe sekarang blm kelar kasus nya..





Jennifer Deelly

mengatakan...

Welldone, very interesting Blog.i loved to read this. keep it up.I will share this blog with my friends.If you search Jobs in india then visit http://www.jobdezire.com.





limousines for hire in sydney

mengatakan...

hey you done a great job. i forward to my friends also





obat tradisional Gagal ginjal

mengatakan...

sampe sampe terkenal indonesia ,dengan kejadian ini ..tapi sampai sekarang masalh ini blum tereselesaikan juga rupanya





rental mobil surabaya

mengatakan...

thanks atas infonya yah gan..





iklan baris

mengatakan...

ditunggu postingan bermanfaat berikutnya kawan.





tour and travel di surabaya

mengatakan...

sukses terus buat blognya..





berita terbaru

mengatakan...

Sangat riskan sekali Negara kita di kihanati oleh orang2 dari negara kita sendiri sampai sekarang jangankan antisipasi Lapindonya Kompensasi untuk santunan pada masyarakat sekitar saja masih ngutang dan belum kelar sampai sekarang gan2,,,, yah kita berdo'a sja agar segera kelar secepatnya...





poker

mengatakan...

poker online terpercaya
poker online
Agen Domino
Agen Poker
Kumpulan Poker
bandar poker
Judi Poker
Judi online terpercaya




Poskan Komentar

Terimakasih telah Berkunjung ....Ditunggu Komentarnya Lho....Silahken Silahken.... ^_^