Kamis, 10 Juli 2008

Lupa Password Acces Manager

Acces Manager adalah sebuah program security yang lumayan lengkap. Program ini bisa kita download dari : http://www.softstack.com atau situs penyedia download. Fitur program ini lumayan banyak sehingga rasanya melelahkan jika saya sebutkan satu persatu. Di bagian captionsnya ada tulisan 578 tweaks. Entah benar entah tidak, tentu saja saya males mengecek dan menghitung jumlahnya.


Secara garis besar proteksi program ini meliputi restrictions terhadap : Boot, Automatic Logon, Screen Lock, Legal Notice, Explorer, Scripts, Software dan masih banyak lagi. Restrictions program ini bisa diarahkan untuk common restrictions atau restrictions user. Untuk semua user secara umum atau untuk user tertentu.


Seperti layaknya program security yang lain - program ini juga dilengkapi fasilitas password untuk melindungi program dari tangan orang yang tidak berhak. Bagaimana bila rekan-rekan lupa dengan password program ini ?


Salah satu solusinya adalah sebagai berikut :

Buka regedit, pada bagian :

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Access Manager\DEFAOPTIONS:



Kita bisa menghapus atau merename DEFAOPTIONS dengan nama lain misalnya kita ganti menjadi X_DEFAOPTIONS. Atau bisa juga kita hapus isi dari DEFAOPTIONS.


Dengan cara ini maka kita bisa masuk ke file konfigurasi program Access Manager tanpa password.


Selain masalah password konfigurasi, saya juga sempat melihat kalau program ini punya password yang lain yaitu password screen lock. Berbeda dengan program security yang lain (seperti PC Security misalnya) dimana password admin bisa dipakai untuk menggantikan password yang lain. Jika anda memasang screen lock dan memasukkan password. Password admin atau password konfigurasi yang anda miliki tidak bisa dipakai menggantikan password screen locknya.


Lalu dimanakah password screen lock milik Program Access Manager disimpan. Passwordnya juga disimpan di registry windows.

Lokasi passwordnya di : HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\SaSkda\LockPwd


Sedangkan lokasi setting yang menentukan apakah password akan diaktifkan atau tidak, terletak di : HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\SaSkda\LockPwdEnabled. Jika isinya 1(satu) berarti kotak password muncul, bila diisi 0(nol) maka kotak password tidak diaktifkan.



Lokasi di Hkey_Local_Machine ini jika diset passwordnya berlaku untuk common (semua). Sedangkan untuk user tertentu saja, lokasi passwordnya di Hkey_User.


Berbeda dengan password konfigurasinya yang disandikan, password untuk screen locknya tidak disandikan sama sekali.


Meskipun kita tahu lokasi passwordnya.

Bila kita sudah terlanjur terkunci dengan screen lock, tentu saja kita kesulitan mengakses regedit. Untuk itu kita bisa memakai program pengakses registri dengan memakai sistem operasi lain misalnya pake Windows live CD atau CD Linux yang dilengkapi program yang bisa mengakses registry windows.


Salah satu program yang bisa anda pakai adalah Peter N. Hagen Windows Registry Edit Utility.Pada dasarnya program tersebut adalah Linux yang sering dipake membuka proteksi Windows XP.


Artikel mengenai Peter N Hagen CD ini sudah pernah dibahas rekan saya di Topeng Digital. Pada saat itu topik yang dibahas adalah Bagaimana Cara Mereset Password Windows XP. Anda bisa membaca artikelnya di Topeng Digital khususnya di sini

Selain bisa dipake mereset password Windows, program itu bisa juga dipake mengakses registry windows.


Selain itu jika anda seorang programmer tentu anda tidak terlalu kesulitan membuat program yang bisa menghapus registri yang terisi lokasi passwordnya. Silakan buat program kecil untuk menghapus registri tempat lokasi password. Buat file autorun.inf yang isinya memanggil program tersebut. Bakar(Burn) program tersebut dengan CD atau media lain. Kalau fitur autorun tidak diblok (defaultnya sih tidak) maka anda boleh berharap ketika CD anda masukkan ke Drive CD ROM maka proteksi passwordnya akan langsung direset.


Tips ini dicoba dengan : Access Manager versi 7.6.


SALAM YA…?



0 komentar:







Posting Komentar

Terimakasih telah Berkunjung ....Ditunggu Komentarnya Lho....Silahken Silahken.... ^_^