Jumat, 15 Agustus 2008

Multiple Antivirus On Line Gratis lainnya

Setelah pada postingan yang lalu kita berkenalan dengan virustotal.com, pada pembahasan kali ini saya ingin menunjukkan link Multiple Antivirus Online yang lain, yang mungkin saja bisa berguna untuk anda.

Masing-masing situs mempunyai aturan dan punya kelebihan/kekurangan masing-masing. Ada yang menerima upload file (yang ingin kita cek) sampai maksimal 10 MB, ada juga yang nggak jelas maksimalnya. Jumlah antivirus yang menyecan juga bervariasi ada yang 5 Antivirus, ada juga yang sampai lebih dari 30 bahkan 40 Antivirus/Antimalware. Kecepatan mereka dalam menampilkan hasil juga lain-lain. Ada yang lumayan cepat, ada yang agak lambat tetapi secara umum saya rasa paling-paling maksimal satu atau dua menit.

Oke, saya rasa mendingan langsung saja masuk ke pembahasan :

Berikut ini beberapa situs yang menyediakan multiple antivirus online ( scan file dengan lebih dari satu antivirus) :

1. http://www.virustotal.com/

Link favorit saya. Menyediakan lebih dari 35 Antivirus , kita bisa mengirim sample file lewat email, menyediakan juga semacam program kecil untuk memudahkan kita mengirim sample file (membuat semacam context menu pada windows kita), kelebihan lain : hasil analisa file disimpan dalam sebuah file html (bisa dilink atau ditampilkan di blog/situs kita) , kelebihan lain lagi : memiliki program packer dan compiler detector + disassembler ( PEID). Real-time automatic updates of virus signatures. Kecepatan lumayan cepat. Independen.

2. http://www.virscan.org/

Ini juga termasuk lumayan. Menyediakan lebih dari 35 Antivirus. Dapat Upload berbagai file, maksimal 10 MB, mendukung zip/rar file dengan maksimal 10 file, situs ini juga melayani pengiriman sample file atau sample virus yang anda kirim dengan bungkus winzip/winrar terpassword dengan password 'infected' atau 'virus' .

Biasanya kalau kita mengirim sample virus kepada pakar-pakar pervirusan memang dianjurkan agar file dipassword dengan winzip/winrar, tujuannya agar sample virus itu lolos dari deteksi/bloking antivirus/antimalware sehingga sampai ke tempat tujuan dengan selamat.
Report atau hasil scan juga disimpan. Selain bisa dilink di blog, ini juga mempercepat proses andaikata ada sample file yang pernah dikirim sebelumnya, tidak selalu harus discan ulang.

3. http://virusscan.jotti.org/

Menyediakan 20 AV. Yah Lumayan juga sih . Maksimal 10 MB perfile. Report atau hasil scan tidak disimpan.

4. http://www.viruschief.com

Menyediakan 10 AV, lumayan. Proses scan sampai menampilkan hasilnya agak lambat.

5. http://www.filterbit.com/

Menyediakan 5 AV. Semacam alat promosi untuk menjual produk mereka.

6. http://scanner.virus.org/ dari http://www.virus.org

No comment dulu. Http://scanner.virus.org tidak bisa diakses saat saya menulis ini. Mungkin lagi maintenance atau alasan lain. Jadi belum bisa dikomentari.

Berikut ini contoh report dari beberapa Multiple Antivirus Online :

http://www.virscan.org/report/eb281f8804071d6eca6ee8eb125fea44.html

http://www.virustotal.com/analisis/25346f6fe899a0f9c894b46609225b56

http://www.viruschief.com/report.html?report_id=0811d2142f979f0a8d8d7302311e013377cb0618

Sedikit OOT tetapi nggak banget-banget : Kalau anda berminat mengetahui lebih lanjut masalah bedah membedah FLPR v2, saat ini di Topeng Digital, sedang mengadakan acara bedah membedah file FLPR jilid 2.



Manfaat/kelebihan Multiple Antivirus Online :

-
Hasil analisanya lebih mantep karena melibatkan lebih banyak Antivirus, meskipun ada potensi juga malah jadi membingungkan kalo hasilnya antar AV berbeda-beda.

- Kalau di komputer anda tidak ada Antivirusnya atau anda memakai komputer orang lain/warnet yang tidak memungkinkan anda menginstall antivirus, situs-situs di atas bisa menjadi semacam alternatif untuk mengecek file-file yang anda download. Sayangnya pengecekan ini tidak bisa otomatis dilakukan tetapi harus anda upload dulu filenya.

- Kalau anda memakai komputer orang lain/komputer umum/warnet yang sangat mungkin dipasang program aneh-aneh : keylogger, trojan, dan teman-temannya. Dan tidak ada Antivirus atau Antimalware di komputer itu, entah memang tidak diinstall atau tidak pernah diupdate, situs-situs di atas bisa jadi senjata pengenal yang cukup efektif untuk mengetahui apakah program yang anda curigai memang berbahaya atau tidak. Di beberapa warnet, keylogger atau program ajaib lainnya disamarkan dengan sangat halus dengan bentuk/icon lain atau dengan nama lain selain nama aslinya, bahkan kadang dinamakan dan diganti iconnya sehingga mirip dengan file2 bawaan windows. Kalau anda curiga file tertentu mungkin berbahaya anda copi saja filenya, lalu anda upload ke situs-situs di atas.

Untuk mengetahui program apa yang sedang berjalan, selain memakai Ctrl+ALt+Del(Task Manager) bawaan windows yang biasanya di blok kalau di warnet. Anda bisa mencoba program Process yang lain semacam Process Explorer, Hijack This atau Security Task Manager. Setelah tahu/curiga programnya apa, tinggal anda upload saja.

- Kelebihan lainnya dari situs-situs di atas : Update Antivirus dari situs-situs tersebut umumnya dilakukan secara jam per jam bahkan real time. Jadi update antivirusnya selalu yang terbaru.

Kekurangan :

- Tidak menyecan system secara menyeluruh, hanya file yang anda upload saja.
- Tidak memproteksi secara realtime file-file yang sedang anda download. Pada prinsipnya antivirus tidak menyecan/melindungi komputer secara otomatis, hanya menyecan file yang anda kirimkan saja.
- Biasanya ukuran file yang dilayani terbatas.

Harap diingat juga : Tidak perduli anda memakai satu atau banyak Antivirus, tetap ada kemungkinan Antivirus anda salah. Salah itu bisa berarti : Virus tidak terdeteksi, bisa juga bukan virus malah dianggap sebagai virus/malware.

Kalau anda membaca di situs-situs di atas juga jelas tertulis, kalau mereka tidak bisa memberikan jaminan apapun. Bahkan meskipun di situs tersebut pake lebih dari 30 AV sekalipun, karena memang perkembangan virus cepat sekali, pastinya lebih cepat dari Antivirus.

Oke, rekan-rekan.

SALAM Semuanya...-


0 komentar:







Posting Komentar

Terimakasih telah Berkunjung ....Ditunggu Komentarnya Lho....Silahken Silahken.... ^_^